Selasa, 11 September 2012

KOMPONEN-KOMPONEN PENYUSUN KOMPUTER


 

MONITOR

Merupakan perangkat yang digunakan untuk menampilkan gambar output pada komputer.
Pada saat ini monitor komputer terdiri dari beberapa jenis, yaitu :
•    monitor Tabung sinar kathoda
•    monitor LCD
•    monitor plasma
•    monitor OLED

 

PROCESSOR

Merupakan komponen terpenting dari sebuah komputer yang juga biasa disebut sebagai otak komputer.
Pada komponen ini sebaiknya dijaga agar suhunya tidak terlalu panas.
Jika terlalu panas, maka komputer akan mati sendiri (Auto Shutdown) tanpa pemberitahuan lebih dulu.
Jika sering terjadi Auto Shutdown, komponen-komponen komputer yang lain pun bisa rusak karena terjadi pemaksaan dalam mematikan komputer.


MOTHERBOARD 

Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain.

DVD-ROM

Merupakan perangkat yang digunakan untuk mengolah perangkat lain seperti CD dan DVD agar file dari CD dan DVD dapat ditampilkan di layar monitor.






VGA (Video Graphics Accelerator) 

merupakan komponen pada komputer yang berfungsi untuk mengolah data grafis untuk ditampilkan pada layar monitor.
VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU (Graphics Processing Unit) dan juga membutuhkan memory.

VGA terdiri dari 2 macam, yaitu :
1.    VGA On Board : VGA yang menempel langsug pada motherboard.
VGA On Board memiliki kekurangan bagi para konsumen yang ingin meng-upgrade ke VGA yang lebih bagus, maka mereka juga harus mengganti motherboardnya.

2.    VGA Eksternal : VGA yang terpisah dari motherboard.
VGA Eksternal memiliki keuntungan bagi konsumennya karena sewaktu konsumen ingin meng-upgrade ke VGA yang lebih bagus, maka tinggal melepas dan memasang yang baru.

SPEAKER

Adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membran untuk menggetarkan udara sehingga terjadilah gelombang suara sampai di kendang telinga kita dan dapat kita dengar sebagai suara.
Sistem pada speaker adalah suatu komponen yang megubah kode sinyal elektronik terakhir menjadi gerakan mekanik. Dalam penyimpan suara pada kepingan CD, pita magnetik tape, dan kepingan DVD, dapat di reproduksi oleh speaker yang dapat kita dengar.

WEBCAM

Perangkat yang digunakan untuk mengambil gambar untuk diolah menjadi file dan dapat dilihat di monitor komputer.







MOUSE

Merupakan perangkat yang berbentuk seperti tikus yang digunakan untuk menggerakkan kursor yang ada di tampilan monitor.
Bentuk mouse yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan mouse satu tombol.
Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optik untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.
Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan mouse memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya mouse model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.


HARDDISK

Merupakan sebuah perangkat di dalam komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.
Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Harddisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Harddisk zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar harddisk saat ini mencapai 3 TB dengan ukuran standar 3,5 inci.
Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya kini harddisk secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire.

RAM (Random Access Memory)

adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan ROM (Read Only Memory), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka panjang.
Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM (memori utama) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.


Fan (Kipas Pendingin)

adalah salah satu komponen pada komputer yang berfungsi mengeluarkan panas dan menggantinya dengan udara segar ke dalam sistem. Kipas pendingin ini telah dirancang agar sesuai ditempatkan pada motherboard atau harddisk drive. Ada sekitar 3 atau 4 baling-baling kipas pada CPU. Ada juga komputer yang telah dirancang khusus sudah mempunyai kipas extra yang ditempelkan pada casing komputer yang terbuat dari alumunium, namun demikian kipas tersebut tidaklah cukup untuk meredam panas yang dihasilkan oleh CPU sehingga tetap harus dipasang kipas pendingin CPU, apalagi untuk komputer yang digunakan antara antara 12 hingga 15 jam sehari sehingga kipas tersebut tidak akan cukup untuk memberikan ventilasi udara yang memadai. Oleh karena itu kipas pendingin untuk CPU didesain dan telah terbukti mampu meredam panas yang dihasilkan oleh CPU walaupun komputer dioperasikan dalam jangka waktu yang lama.
Funghsi utama dari pendingin CPU adalah menjaga agar CPU tetap dalam suhu yang masih dapat ditolerir oleh CPU tersebut. Tetapi fungsi itu dapat terganggu oleh debu yang menempel pada baling-baling kipas pendingin CPU. Debu tersebut sedikit demi sedikit akan mengurangi kinerja kipas pendingin tersebut karena semakin banyak debu yang menempel maka akan semakin berat putaran pada kipas pendingin. Oleh karena itu diperlukan perawatan secara rutin untuk membersihkan debu yang menempel pada kipas pendingin CPU.

Ada dua buah kipas utama yang harus berjalan baik di komputer, yaitu:
1.    Kipas processor, yang berfungsi membuang hawa panas yang diserap oleh heat.
2.    Kipas power supply, yang fungsinya membuang hawa panas terhadap komponen-komponen yang terdapat di power supply.

Selain kedua kipas utama tersebut, terdapat kipas tambahan yang berfungsi sebagai pendukung kipas processor yaitu kipas casing dan kipas harddisk. Kipas ini tidak terlalu penting, sehingga tanpa kipas ini komputer akan tetap berjalan. Tapi penambahan kipas ini tentunya akan sangat membantu kinerja komputer.

KEYBOARD



Merupakan sebuah papan yang terdiri dari banyak tombol mulai dari huruf A-Z, nomer  0-9, dan simbol-simbol serta tombol untuk pintasan yang lain.
Jenis-jenis keyboard ada 3 macam, yaitu :

1.    Standar
Keyboard alfanumerik standar full-travel kunci ditemukan di pusat-pusat dari tiga perempat inchi (19,05 mm 0,750 inch) dan memiliki kunci perjalanan setidaknya 0,150 inci (3,81 mm). Keyboard komputer meja, seperti keyboard tradisional buatan Amerika Serikat 101-tombol atau keyboard Windows 104 tombol, termasuk karakter abjad, angka dan tanda baca, dan berbagai tombol fungsi. Tombol keyboard internasional yang umumnya 102/105 tombol memiliki tombol "shift" di sebelah kiri yang lebih kecil dan tombol tambahan dengan beberapa simbol di antara itu dan huruf ke kanannya (biasanya Z atau Y). Juga biasanya tombol “Enter” yang biasanya berbentuk berbeda. Keyboard komputer mirip dengan papan tombol mesin ketik listrik, tetapi berisi tombol tambahan. Keyboard standar USB juga dapat terhubung ke beberapa perangkat non-desktop.

2.    Ukuran Laptop
Keyboard pada laptop dan notebook biasanya memiliki jarak lebih pendek untuk keystroke dan satu set tombol kecil. Keyboard ini tidak memiliki tombol numerik dan tombol fungsi yang ditempatkan di lokasi berbeda dari standar penempatan di keyboard ukuran penuh.

3.    Ukuran Jempol
Keyboard kecil telah diperkenalkan untuk laptop (terutama nettops), PDA, Smartphone atau pengguna yang memiliki ruang kerja yang terbatas. Sebuah keyer chording memungkinkan beberapa tombol ditekan secara bersamaan. Misalnya, keyboard GKO dirancang untuk perangkat nirkabel kecil. Alternatif lain untuk dua tangan yang berfungsi untuk control permainan, seperti AlphaGrip yang juga digunakan sebagai alat memasukkan data dan teks. Sebuah "papan jempol" (dimodifikasi) digunakan dalam beberapa penolong digital seperti Palm Treo dan BlackBerry, dan beberapa PC Ultra-Mobile seperti OQO. Papan tombol numerik hanya berisi angka, simbol matematika untuk penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, titik desimal, dan beberapa tombol fungsi. Papan tombol ini sering digunakan untuk memudahkan entri data dengan keyboard yang lebih kecil yang tidak memiliki tombol numerik, biasanya pada laptop.

Tombol ini dikenal sebagai tombol numerik atau angka, dan dapat terdiri dari jenis-jenis tombol :
>    Operator aritmatika, seperti +, -, *, /
>    Angka 0 – 9 
>    Tombol panah kursor
>    Tombol navigasi, seperti Home, End, PgUp, PgDown, dan lainnya.
>    Tombol Num Lock, digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan tombol angka
>    Tombol Enter


SUMBER :
www.babesajabu.wordpress.com
www.bahaskomputer.blogspot.com
www.om-w-b.blogspot.com
www.wikipedia.com
www.google.com


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar